Sabtu, 14 Februari 2015

Proses Bisnis Model dan Notasi

Proses Bisnis Model dan Notasi




 
Proses Bisnis Model Notasi (BPMN) adalah representasi grafis untuk menentukan proses bisnis dalam model proses bisnis.

Proses Bisnis Management Initiative (BPMI) dikembangkan BPMN, yang telah dipelihara oleh Object Management Group sejak dua organisasi bergabung pada tahun 2005. Pada Maret 2011, versi terbaru dari BPMN adalah 2,0. Dengan perubahan versi dari BPMN ke BPMN 2.0 nama telah disesuaikan dengan Business Process Model dan Notasi sebagai awal dengan versi 2.0 bahasa tidak hanya berisi informasi notasi, tapi eksekusi semantik.

Gambaran Umum

Proses Bisnis Model dan Notasi (BPMN) adalah standar untuk pemodelan proses bisnis yang menyediakan notasi grafis untuk menentukan proses bisnis dalam Proses Bisnis Diagram (BPD), didasarkan pada teknik flowcharting sangat mirip dengan diagram aktivitas dari Unified Modeling Language (UML).  Tujuan dari BPMN adalah untuk mendukung manajemen proses bisnis, baik untuk pengguna teknis dan pengguna bisnis, dengan menyediakan notasi yang intuitif untuk pengguna bisnis, namun dapat mewakili semantik proses yang kompleks. The BPMN spesifikasi juga menyediakan pemetaan antara grafis notasi dan konstruksi yang mendasari bahasa eksekusi, terutama Proses Eksekusi Bisnis Language (BPEL).  

Tujuan utama dari BPMN adalah menyediakan notasi standar mudah dipahami oleh semua pemangku kepentingan bisnis. Ini termasuk analis bisnis yang membuat dan memperbaiki proses, para pengembang teknis yang bertanggung jawab untuk menerapkannya, dan manajer bisnis yang memantau dan mengelola mereka. Akibatnya, BPMN berfungsi sebagai bahasa umum, menjembatani kesenjangan komunikasi yang sering terjadi antara desain proses bisnis dan implementasi.

Saat ini ada beberapa standar bersaing untuk bahasa pemodelan proses bisnis yang digunakan oleh alat dan proses pemodelan. Adopsi luas dari BPMN akan membantu menyatukan ekspresi konsep proses bisnis dasar (misalnya, proses publik dan swasta, koreografi), serta konsep proses lanjutan (misalnya, penanganan eksepsi, kompensasi transaksi). 

Topik dari BPMN 

Ruang Lingkup

BPMN dibatasi untuk hanya mendukung konsep pemodelan berlaku untuk proses bisnis. Jenis-jenis pemodelan yang dilakukan oleh organisasi untuk tujuan non-proses berada di luar ruang lingkup untuk BPMN. Contoh pemodelan dikecualikan dari BPMN adalah:
  1. Struktur organisasi
  2. Kerusakan fungsional
  3. Model Data  
 Selain itu, sementara BPMN menunjukkan aliran data (pesan), dan asosiasi artefak data kegiatan, itu bukan data flow diagram.

Unsur - unsur BPMN 

Model BPMN terdiri dari diagram sederhana yang dibangun dari seperangkat terbatas elemen grafis. Untuk pengguna bisnis dan pengembang, mereka menyederhanakan alur dan proses kegiatan usaha pemahaman '. BPMN empat kategori elemen dasar: 
1.Benda Arus
     Acara, kegiatan, gateway
2.Menghubungkan Benda
     Aliran urut, aliran pesan, asosiasi
3.Jalur Berenang
     Kolam renang, jalur
4.Artefak
     Data objek, kelompok, penjelasan

Keempat kategori memungkinkan penciptaan diagram proses bisnis sederhana (BPD). BPD juga mengizinkan membuat jenis baru dari objek aliran atau artefak, untuk membuat diagram lebih dimengerti.

Benda aliran dan menghubungkan benda  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar